Wednesday, September 30, 2015

Jalan-jalan di Gresik (ke mana saja)

Assalamu'alaikum

dalam rangka menyambut 3 tahun lamanya tinggal di Gresik kota santri, kota wali juga kota seribu warung kopi ini saya mau share ah tentang pergi ke mana saja sih tempat yang menarik kalau jalan-jalan ke Gresik *cem duta pariwisata aja.

gerbang kota Gresik
buat apa gerbang kota jadi salah satu tempat menarik versi saya? karena saya pendatang udah gitu anaknya kekinian, makanya foto dengan latar tulisan Gresik udah kaya kewajiban *ini kekinian apa narsis, heul. jadi di gerbangnya tuh ada tulisan “kota gresik”. itu tuh supaya orang-orang tau kalau saya udah pernah mampir ke kota Gresik. haseeek.


alun-alun kota Gresik
alun-alun termasuk salah satu tempat yang biasanya dikunjungi para pelancong. alun-alun ini juga tempat kumpulnya orang Gresik, gak cuma gerombolan anak muda tapi juga keluarga. ramai gak cuma di waktu pagi, siang, sore tapi juga malem. meski cuaca Gresik panasnya aduhai, di sekitar alun-alun cukup adem karena banyak pohon rindang. karena berada di sekitar wilayah perkantoran, di area ini juga banyak tempat makan. jadi gak perlu takut bingung cari makan. udah gitu dekat masjid. plus di dalamnya ada tugu yang dilengkapi air mancur udah gitu ada taman bermain jadi cocok banget buat yang bawa anak-anak.


makam Maulana Malik Ibrahim
lokasi makam Maulana Malik Ibrahim gak jauh dari alun-alun kota Gresik, bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang dari 10 menit *ini saya gak bohong asli gak pakai palsu soalnya saya udah nyoba sendiri terus dihitung pakai stopwatch. lebay :D. di sini kita akan melihat ramainya orang silih berganti dan datang dalam jumlah banyak alias rombongan untuk berziarah.

pelabuhan kota Gresik
meski hasil jepretan kamera saya biasa aja, berburu tempat foto yang instagram-able adalah kesukaan saya. karena sebelumnya saya pernah wisata kota tua di Jakarta dan mampir ke pelabuhan sunda kelapa yang bagi saya menarik. *siapa yang tanya juga, siapa siapaaa. saya jadi penasaran banget main ke pelabuhan kota Gresik. meski saya datang bukan di hari pemberangkatan kapal menuju pulau Bawean, jadi pelabuhan sepi dari penumpang yang wara wiri. saya bisa tetap asik menikmati pemandangan pelabuhan dengan banyak kapal yang sedang berlabuh. ah keren deh.


pasar Gresik
bukan mampir ke pasarnya sih, tapi bangunan di sekitar kawasan pasar Gresik ini cocok banget buat yang seneng jeprat jepret ambil foto. banyak gedung dengan arsitektur lama dan masih tetap digunakan sampai saat ini.

makam sunan Giri
sebagai kota yang dikenal sebagai kota wali, maka tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi makam wali lainnya yang masih berada di seputaran kota Gresik. sama seperti makam lainnya, di makam ini juga banyak peziarah yang datang silih berganti tiada henti udah kayak nikmat Illahi yang datang gak berhenti-berhenti. yang unik dari makam sunan giri adalah kita harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk melihat makamnya. selain itu makam sunan giri sudah dilengkapi dengan museum loh.

Giri kedaton
awalnya saya hanya berencana berkunjung ke makam sunan giri. tapi karena sebelumnya saya melihat anak panah yang bertuliskan makam raden supeno, maka saya naik ojek dengan biaya Rp 5000 untuk sampai ke sana dari makam sunan giri. karena saya datang tidak melewati gerbang, saya tidak tahu kalau ternyata ada situs giri kedaton. sayang situs ini sepi pengunjung jika dibandingkan makam sunan giri *udah kayak hati sepi sama tambatan hati, eaaa. padahal tempatnya indah banget. kita bisa lihat kota Gresik dari atas. belum lagi masih ada jejak peninggalan bangunan kerajaan giri kedaton yang masih bisa dilihat sampai hari ini.  


tambak garam
bagi saya tambak garam adalah tempat yang asing *ya dong saya kan anak Ciledug yang dilihat tumpukan bangunan sama banjir di perumahan, nasib nasib. awalnya saya tertarik karena pernah melewati area ini saat pagi hari, saat matahari terbit bulat penuh berwarna oren kemerahan. bagus banget. meski bukan tempat wisata yang dikunjungi pelancong ternyata saya gak sendiri yang tertarik datang ke tambak garam. waktu itu saya lihat kumpulan orang bawa kamera gede-gede mau foto-foto *ya iyalah mau foto masa mau berenang.


ini listnya belum ditambah sama hal asing lain bagi saya macam tambak bandeng sama pabrik semen.  

*nb : tempat menarik versi saya ini tak berbayar loh alias gak ada tiket masuk. kecuali di tempat yang menyediakan kotak amal atau banyak peminta-minta (itu mah terserah aja mau kasih atau gak). oya saya gak jalan-jalan dalam sehari loh ya. saya juga tukang jalan yang juga pengguna angkutan umum. (terus kenapa gitu? yakali ada yang pengen tau :P)

No comments:

Post a Comment