Sunday, May 29, 2016

Tips Perjalanan Singapura – Malaysia

Berikut ini adalah tips versi saya selama perjalanan ke singapura n malaysia, cekidot

Manfaatin kupon traveloka buat book hotel
aplikasi yang satu ini memang sangat memudahkan kita untuk pesan tiket dan book hotel hanya dalam genggaman tangan alias tinggal klik pakai hp android kita, sudah gitu ada promonya yah meskipun gak besar banget nilainya *secara gw milih hostel yang harganya 200 rebu, lumayan lah buat nambah beli air di singapura :P.

Jangan lewatin wisata bandara di Changi
wisata di bandara yang satu ini memang gak boleh ditinggal dalam itinerary buat yang perdana jalan ke singapura. banyak tempat yang bisa dikunjungi buat sekedar foto atau duduk santai menikmati. contohnya aja nih ya sunflower garden, enchanted garden dan yang lainnya. puas-puasin deh keliling terminal 1, 2 dan 3 nya.

Beli STP aka Singapore Tourist Pass
begitu keluar dari bagian imigrasi di terminal 2, langsung cari deh mrt station. gak usah bingung, penunjuk jalannya banyak dan cukup memudahkan meski dengan bahasa inggris gue yang pas-pasan. kalau masih gak ngerti juga, tinggal cari information nanti ditunjukin arahnya. dengan biaya per tiket $26 untuk dua hari (wuidih mahal bet ya, gak usah khawatir karena nanti saat kartu STP dikembalikan uang kita juga dikembalikan $10) kita gak usah repot harus top up segala. OK banget deh transportasinya singapura untuk para turis yang dateng ke negaranya.

Menginap di kawasan Bugis
Berdasar referensi teman, saya memilih u menginap di kawasan bugis karena mudah menemukan makanan halal, oleh-oleh dan masjid. saya memilih shophouse socio hostel di arab street dengan 8 bedroom woman only dengan harga RP 217.000 per orang. menurut saya hostel ini udah cukup nyaman karena satu lantai isinya perempuan semua dengan menu sarapan yang meski agak siang jam 8.30 menunya gak Cuma roti sama selai. plus disediain hair dryer, setrika sama lampu tidur masing-masing jadi gak ganggu yang lain kalau mau beres-beres. sudah gitu jam cekoutnya malem dan sebelahan sama haji lane yang terkenal itu. gak terlalu jauh kok dari bugis station serta gak lupa deket sama queenstreet terminal, tempat mangkalnya bis menuju johor baru. saran saya kalau ada budget lebih sih pilih 5footway inn.

Makan di kampung glam cafe
tempat makanan halal di kawasan bugis cukup banyak, tinggal pilih makanan ala timur tengah, arab, india atau melayu aja seperti di glam cafe. harganya lumayan lah, gak murah *hihihi, $7 baru dapet makan nasi lemak ayam + es teh tarik. makanannya juga macem2 pilihannya kaya prasmanan di warteg tapi harganya aduhai. tumis sawi aja $2 isinya Cuma piring kecil alas buat ngeteh *perhitungan.

Kunjungi merlion dari sore sampai malam
begitu keluar dari station, pemandangan yang disuguhi riverside itu foto-able banget. indah, apik, rapi, cantik. baguslah pokoknya. jalan menyusuri pinggir hotel terus menyeberangi jalan sampailah ke tujuan favorit para pelancong ke singapura, merlion park. duduk-duduk atau menyusuri jalan sepanjang merlion park memang patut dicoba, apalagi yang doyan foto puas deh foto dari berbagai angle. dari sini kita bisa lihat dari kejauhan marina bay sands, esplanade, singapore flyer. saran saya datang sore hari kemudian bersantai sampai malam menjelang saat lampu mulai menyala.

Beli oleh-oleh di Lucky Plaza
meski saya tinggal di kawasan bugis saya tidak merekomendasikan beli oleh-oleh di sana. lebih baik beli di lucky plaza. begitu keluar station cari exit lucky plaza kemudian susuri jalan atau blusukan masuk ke dalam mall supaya dapet oleh-oleh murah. coklat dapet 3 dengan $10, gantungan kunci dapet 4 lusin dengan $10, bahkan emak saya beli kaos bisa dapet 5 buah $10.

Siap-siap kaki pegel
jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman selama perjalanan di singapura, karena perjalanan yang amat membutuhkan ekstra kemampuan jalan kaki lama meski sudah menggunakan mrt. karena kenapa? karena pengalaman saya di hari pertama sempat bingung untuk beradaptasi dengan mrt nya meski penunjuk jalannya jelas. sudah gitu petugasnya jarang, katanya peta yg saya donlod sdh gak update. sudah gitu blusukan dalam mrt nya jalannya lumayan, kemudian memilih jalan keluar yang mana juga cukup membingungkan. nyatanya bukan Cuma gw tapi banyak pelancong yg dari bahasanya ternyata dari indonesia juga kebingungan, padahal sudah bermodalkan peta sama nanya ke orang. bahkan emak gw nyerah beli sendal jepit 100 rebu dah di minimarket demi kenyamanan.

haduh pegel juga nulisnya meski Cuma sedikit tipsnya, besok dilanjut ya :D